Seberapa Jauh Teknologi Dapat Berkembang?

Seberapa Jauh Teknologi Dapat Berkembang?, eknologi sudah alami perubahan yang cepat dari periode ke periode, dilandasi oleh keperluan manusia untuk penuhi keperluan dan mendukung kelancaran pada proses kehidupan, dimulai dari penyukupan kebutuhan dasar seperti sandang, papan, dan pangan, atau keperluan lain, seperti pengajaran, transportasi, dan ekonomi.

Seberapa Jauh Teknologi Dapat Berkembang? Perubahan yang cepat dalam teknologi memberi sebuah pertanyaan besar untuk umat manusia: Apa teknologi tetap berkembang tanpa batasan? atau mungkin ada batasan-batas tertentu dalam perubahan teknologi?

Seberapa Jauh Teknologi Dapat Berkembang?
Seberapa Jauh Teknologi Dapat Berkembang?

Seberapa Jauh Teknologi Dapat Berkembang? Berikut rinciannya

1. Sumber daya alam terbatas
Teknologi memakai sumber daya alam sebagai salah satunya bahan bakunya.Terbatasinya sumber daya alam bisa menjadi factor penghalang dari perubahan teknologi, walau sudah diketemukan banyak material subtitusi pada bahan baku teknologi, tetap dia mempunyai batasan.

Misalkan saja pemakaian chip semikonduktor dengan bahan germanium pada perlengkapan digital. Karena makin langkanya germanium, dipakailah silikon sebagai alternatif, dan sumber daya silikon di alam juga pasti mempunyai batasan.

Jika sumber daya alam habis, bagaimana beberapa periset dan periset dapat meningkatkan kembali tehnologinya?

2. Dimensi ruangan
Dimensi ruangan, kita evaluasi dari pemikiran yang lebih luas: jagat raya. Sekarang ini, dengan teknologi terkini yang sudah dibuat manusia, manusia belum juga sanggup menghitung dengan tentu berapa luas jagat raya, tapi dia masih tetap memiliki satu batasan, teramat benar-benar luasnya jagat raya mengakibatkan manusia beranggapan jika jagat raya tak terbatas.

Perubahan teknologi eksploitasi ruangan angkasa pasti stop berkembang jika keseluruhnya jagat raya sudah terjelajahi dan tereksplor, hingga dimensi ruangan menjadi satu diantara batasan untuk perubahan teknologi.

3. Dimensi benar
Perubahan teknologi terkadang berlawanan dengan satu norma yang berjalan dalam masyarakat, misalkan saja teknologi pencangkokan organ dalam hewan pada manusia yang notabene mempunyai tujuan untuk menolong manusia menyambung kembali hidupnya. Sekarang hal itu tidak lepas dari pro-kontra, terutamanya pada warga beragama islam.

Pasalnya organ hewan yang dipakai ialah jantung babi, yang mana sebagai organ binatang yang dipandang paling “cocok” dengan manusia. Demikian juga dengan riset yang mengikutsertakan kelinci eksperimen, pasti jadi pertentangan yang seru dari beberapa pecinta hewan.

Ini memberikan jika nilai norma yang berjalan dalam masyarakat menjadi batasan untuk perembangan teknologi, di mana beberapa periset atau periset akan menimbang baik saat sebelum melakukan.

4. Keperluan dan rasa ingin tahu
Perubahan teknologi satu diantaranya dilandasi oleh rasa ingin tahu manusia pada sesuatu peristiwa alam, jumlahnya peristiwa alam di dunia jadikan makin hari, makin bertambah diketemukan hukum-hukum fisika, kimia, biologi dan hukum sosial yang baru dalam pendefinisiannya, hingga dari hukum-hukum ini, diperkembangkan satu implikasi pada produk teknologi untuk mendukung kehidupan manusia.

Tapi, apa yang terjadi jika peristiwa alam dan sosial telah tereksplorasi semua? Kemungkinan sebelumnya rasa ingin tahu manusia terus akan menggerakkan untuk mengeruk fenomena-fenomena yang lain lebih baru dan canggih, tapi lama-lama manusia akan jemu karena semua peristiwa sudah tereksplorasi. Ini mempunyai potensi munculkan kejenuhan manusia akan rasa ingin tahu bisa menjadi batasan dalam perubahan teknologi.

Beda hal jika peristiwa alam rupanya tidak memiliki batasan, karena itu teknologi bisa terus berkembang bersamaan eksploitasi fenomena-fenomena baru. Tetapi benarkah peristiwa alam tidak mempunyai batasan? Tidak ada yang mengetahui.

5. Factor ekonomi, sosial dan politik
Dimensi ini berperanan penting, karena pada intinya, manusia membuat satu teknologi pasti memiliki satu pola atau kebutuhan, entahlah itu untuk keuntungan keuangan (ekonomi), ingin populer, memiliki arah tersembunyi, atau murni untuk mendukung kesejahteraan umat manusia. Pola yang dapat memicu manusia untuk selalu membuat teknologi pasti jadi factor perubahan tekologi.

Misalkan pada factor ekonomi, beberapa orang mengidamkan keuntungan, demikian juga dalam sektor teknologi. Ongkos penelitian yang besar pada suatu peningkatan teknologi pasti menjadi penghalang dari perubahan teknologi tersebut, apa lagi jika keuntungan yang didapatkan diprediksi tidak sesuai dengan usaha peningkatan teknologi yang akan dilaksanakan, ditambah lagi ekonomi mempunyai batasan.

Walau kemauan manusia tak terbatas, tapi dengan terbatasinya nilai dan nilai peredaran uang atau factor ekonomi yang lain, karena itu factor ini terang menjadi penghalang.

Itu ia 5 factor yang dapat menghalangi perubahan teknologi, sekalian jadi batas dari perubahan teknologi tersebut. Menurut kamu, factor yang mana paling berarti? Silahkan berikan pendapatmu di kotak kometar, ya!